Euro berada di sekitar terendah delapan bulan terhadap dolar pada Senin dan mencapai terendah baru 10-tahun terhadap yen, karena investor menjauhi mata uang Eropa tersebut akibat masalah utang di benua itu.

Mata uang tunggal pada satu titik mencapai 1,3390 dolar, sedikit di atas 1,3385 dolar yang tercapai Kamis, merupakan tingkat terendah sejak Januari.

Euro juga jatuh ke 102,18 yen dalam perdagangan sore di Tokyo dari 103,31 yen di New York Jumat malam, menunjukkan posisi terburuk sejak Juni 2001.

Dolar beringsut turun ke 76,38 yen dari 76,50 yen.

Pertemuan para kepala keuangan dari Kelompok 20 (G20) negara-negara utama akhir pekan lalu, tidak bisa memadamkan kekhawatiran pasar keuangan bahwa masalah utang Yunani dapat memicu krisis keuangan global lainnya.

Pertemuan tersebut mengeluarkan pernyataan darurat mengatakan: "Kami ... berkomitmen untuk mempekuat respon dan terkoordinasi internasional untuk mengatasi tantangan baru yang dihadapi ekonomi global."

"Kami mengambil tindakan kuat untuk menjaga stabilitas keuangan, memulihkan kepercayaan dan mendukung pertumbuhan," katanya.

Teppei Ino, seorang analis di Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, mengatakan: "Pernyataan sementara mendukung kelemahan euro karena para kepala keuangan G20 berjanji bahwa mereka berkomitmen untuk menangani masalah ini.

"Tapi mereka datang sebentar merencanakan semua tindakan dengan efek segera, selanjutnya telah gagal menghentikan penjualan aset berisiko di pasar," kata Ino.

"Ketidakpastian kemungkinan akan bertahan," seorang dealer senior di sebuah bank utama Jepang mengatakan kepada Dow Jones Newswires.

Nikkei Tokyo memperpanjang kerugiannya pada Senin, kehilangan hampir dua persen.

Muncul spekulasi bahwa kedua paket penyelamatan Yunani dari Uni Eropa, senilai 159 miliar euro yang mendirikan pada Juli, akan perlu direvisi.

Untuk bailout (dana talangan) kedua harus melalui, persetujuan anggota parlemen untuk peningkatan dana Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) saat ini dan menciptakan penggantinya pasca-2013, Mekanisme Stabilitas Eropa.

Dolar stabil terhadap sebagian besar mata uang Asia. Dolar diambil 43,77 peso Filipina dan 30,57 dolar Taiwan, keduanya hampir rata dari Jumat, sementara menguat menjadi 31,07 baht Thailand dari 30,84 baht dan menjadi 1,3025 dolar Singapura dari 1,3006 dolar Singapura.

Dolar juga meningkat menjadi 9.050,00 rupiah Indonesia dari 8.973,75 tetapi jatuh ke 1.186,90 won Korea Selatan dari 1.195,00.